Sunday, August 14, 2016

Sejarah Singkat Nabi Isa AS

Nabi Isa as adalah anak Maryam, ia tidak mempunyai ayah. Pada suatu ketika, ketika Maryam berada di sebuah Mihrab, datanglah Malaikat Jibril memberitahukan bahwa Maryam akan memperoleh seorang anak yang shaleh. Tentu saja Maryam sangat terkejut, karena ia belum mempunyai suami. Namun memang demikianlah kehendak Allah, lalu malaikat Jibril meniupkan roh suci ke dalam kandungannya, maka Maryam pun hamil. Sebagaimana termaktub dalam QS. Maryam : 19 - 21.


Sangat berat penderitaan Maryam, dalam keadaan mengandung ia selalu diperolok-olokkan dan dihina. Setelah bayinya lahir, untuk melindungi anaknya maka Maryam pindah ke Mesir bersama saudaranya Yusuf Nazar. Setelah 12 tahun mereka pun kembali ke Negeri Syam. Pada usia 30 tahun Isa diangkat menjadi Rasul Allah untuk menyerukan kebenaran Allah swt kepada bani Israil.
Allah mengajarkan Al-Kitab, hikmah (ilmu) taurat dan injil, dan menjadi rasul kepada bani Israil kepadanya pula Allah memberikan mukjizat berupa: Mampu menjadikan burung dari tanah, dapat menyembuhkan orang buta, menyembuhkan penyakit kusta, menerangkan apa yang disimpan dan dimakan di rumah-rumah dan menurunkan makanan dari langit.
Diantara sahabat-sahabat nabi Isa as ada seorang yang murtad bernama Yahuza Iskarius. Dalam melaksanakan tugas menegakkan kebenaran Allah, nabi Isa as mendapat tantangan keras dari orang-orang kafir. Mereka mencari orang yang sanggup menangkap nabi Isa as dengan upah yang besar. Yahuza Iskarius, murid yang murtad inilah yang sanggup melaksanakan pekerjaan itu. Pada waktu nabi Isa sudah terkurung di suatu tempat oleh tentara kerajaan yang diperintah oleh raja Hirdaus yang kafir, Allah swt telah mengangkat nabi Isa as ke alam ghaib (tempat yang dimuliakan Allah). Pada waktu itu usia nabi Isa 33 tahun, kemudian Allah menjadikan Yahuza Iskarius yang mirip dengan Isa tertangkan dan disalib oleh orang-orang kafir.

No comments:

Post a Comment